Minggu, 14 Desember 2014

Wahana Pesona Alam Raja Ampat

Kabupaten Raja Ampat adalah salah satu kabupaten yang terkenal di Papua Barat, terutama terkenal dengan wisata alam baharinya. Benar memang kata orang Raja Ampat memiliki alam yang bagus, indah dan asri. Terlebih Raja Ampat adalah salah satu kabupaten yang terdiri banyak pulau. Di Kabupaten Raja Ampat ada 147 Pulau. Salah satunya adalah Pulau Ayau yaitu pulau dimana saya ditempatkan sebagai guru SM3T. Di Ayau memiliki keindahan alam yang luar biasa bagus. Pantai dan telaga di sini sangat indah. Belum pulau pulau yang lain yang ada di sekitar Ayau. Suatu hari saya pernah diajak oleh siswa untuk pergi jalan jalan. Saya pergi jalan jalan ke pulau urbabon atau orang pendatang sering menyebutnya pulau dua. Pesonanya sangat indah sekali. Terlebih ketika air surut, orang disini menyebut air surut dengan istilah "metti". Ketika air surut hamparan pasir sampai kelaut jauh sekali. Pesona yang sangat indah yang saya dapat selama di Ayau. Raja Ampat memiliki banyak pesona alam yang menarik. Banyaknya pulau menjadi kabupaten ini dijuluki kabupaten bahari nan indah. Pulau dua itu terdiri dari tiga pulau. Disana ada tiga pulau kecil tetapi entah mengapa dijuluki pulau dua padahal pulaunya ada tiga. Saya hampir seharian di pulau dua dengan menikmati alam yang indah. Alam yang asri, saya makan menggunakan ikan hasil tangkapan anak anak dengan cara "molo". Lalu ikan tersebut dibakar dan kita makan bersama serasa menyatu dengan alam keadaan seperti ini. Keasrian Ayau menjadi keindahan tersendiri bagi saya. Setelah itu saya mandi dan menikmati indahnya di air laut di pulau dua sambil menunggu sore untuk kemudian pulang. Itu hanya sepenggal cerita saya di sini. Selain itu masih banyak pantai yang lain dan pulau yang lain juga yang tentunya tidak kalah indahnya. Pantai Qui misalnya, pantai ini terletak di Pulau Ayau. Pantainya sangat indah dan bagus. Biasanya saya dan teman SM3T selalu ke pantai ini untuk sekedar mencari "Bia". "Bia" ini adalah semacam binatang laut yang ada kerangnya. Rasanya enak sekali dan saya sangat suka dengan makanan ini begitu juga dengan teman saya. "Bia" adalah jenis sea food. Saya sangat sering makan bia jika kehabisan bekal makanan dan kehabisan ikan, maka alternatifnya adalah mencari "bia". Selain pantai Qui di Pulau Ayau ada pantai yankomondai. Pantai ini letaknya hanya berdekatan dengan pantai Qui yaitu disebaliknya pantai Qui. Pantai Yankomondai juga memiliki pemandangan yang indah dengan karangnya yang ada. Dan selain itu masih banyak pantai lain yang indah indah disini. Saya dan teman teman sering menghabiskan waktu sore hari hanya dengan menikmati sanset.

2 komentar:

  1. Assalamualaikum mas dwi..
    maaf nih mau tanya.
    apakah sampai saat ini di kabupaten raja ampat masih belum ada listrik?
    dan operator hp apa yang mas dwi gunakan disana? dan sekarang ini sudah adakah sinyal internet disana ?
    terima kasih

    BalasHapus